Wednesday, November 30, 2016

City Tour Semarang.. Part II



Setelah di postingan sebelumnya saya cerita soal serunya city tour di Semarang, nah sekarang mau bahas soal makanan apa aja yang enak di Semarang ah.

Ngomongin soal makanan, kota Semarang ini punya banyak banget tempat makan enak. Buat saya sendiri sih makanan di Semarang sangat cocok di lidah saya. Rasanya nggak terlalu manis kaya di Jogja dan nggak terlalu berbumbu yang bikin eneg. Ada beragam pilihan makanan yang bisa dinikmati di Semarang, ini dia beberapa di antaranya :

Soto Mbak Lin
Lokasi : Jl Ki Mangunsarkoro No. 15

Kalau kamu nyampe Semarang pagi dan pesen hotel tapi nggak sekalian dengan breakfast-nya (kaya saya hehe..), sarapan di sini jadi pilihan yang paling tepat. Dari judulnya aja Soto Mbak Lin, jelas makanan utamanya Soto. Soto yang dijual di sini disajikan di mangkok kecil dan sudah dicampur dengan nasi. Porsinya kecil jadi sah-sah aja kok kalau nambah 2-3 kali. Harga per mangkoknya Rp. 8.000,- Selain soto, di sini juga terdapat berbagai macam sate yang disajikan di meja. Ada sate kerang, sate telur puyuh, sate ayam, dan sate jeroan. Harga sate per tusuk Rp. 3.000 -  Rp. 5.000. Jangan lupa juga untuk pesan kopi lanang, perpaduan kopi susu dan gula aren untuk melengkapi sarapan kita.



Soto dan teman-temannya

Toko Oen
Lokas : Jl Pemuda No 52

Ketika berkunjung ke toko Oen, tujuan saya hanyalah untuk menikmati es krimnya yang memang terkenal di sana. Di luar ekspektasi ternyata toko Oen di Semarang ini juga menyediakan banyak kue-kue yang menggugah selera. Favorit saya poffertjes es krim dan Oen’s symphony (es krim home made lima rasa). Oh ya, arsitektur restoran ini juga oke dan instagram-able loh (ini penting hehe..)

Poffertjes es krim

Oen's Symphony

Loenpia Semarang
Oleh-oleh khas Semarang ini ada di sepanjang jalan kota Semarang dan di pusat oleh-oleh khas Semarang, tapi kalau mau cari yang paling terkenal di Semarang, kamu bisa mengunjungi loenpia Mbak Lien, masih di jalan Pemuda dekat toko Oen atau loenpia Gang Lombok di Gang Lombok No 11, kawasan Pecinan. Keduanya bisa langsung makan di tempat atau dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Tahu Gimbal
Tahu gimbal adalah salah satu makanan khas Semarang yang terdiri dari tahu, lontong, tauge, kol, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang dan petis udang. Sama seperti penjual loenpia yang bertebaran di mana-mana, tahu gimbal pun banyak, diantaranya di sepanjang jalan Pemuda (kalau malam hari), di depan Masjid Baiturrahman, dan di pasar Semawis. Harga seporsi tahu gimbal sekitar Rp. 10.000,-



Tahu Bakso Unggaran
Menyingkir sedikit ke kabupaten Semarang tepatnya di Unggaran, kamu dapat menemukan makanan khas unggaran yaitu Tahu Bakso dengan merek Tahu Baxo Ibu Pudji. Tahu bakso dengan dua pilihan goreng dan rebus ini sudah dikemas dalam kotak per porsi sehingga dapat menjadi alternatif oleh-oleh dari Semarang. Sekarang sih Tahu bakso sudah dapat ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh khas Semarang seperti di jalan Pandanaran.

Gama Ikan Bakar&Seafood
Lokasi : Jl MT Haryono No 870A
Jam operasional : 11.00 – 23.00

Semarang ternyata juga punya tempat makan seafood yang enak dan bisa jadi rekomendasi, Gama Ikan Bakar & Seafood. Begitu masuk restonya yang cukup luas, saya sebeneranya udah deg-degan, jangan-jangan harganya lumayan. Tapi ternyata, selain makanannya yang enak, tempatnya  nyaman, harganya pun masih relatif terjangkau. Jadi puas banget deh makan di sini. Jangan lupa pesan shrimpink goreng dan cumi goreng tepungnya, endeuuss banget.

Shrimpink Goreng


Pusat Wisata Kuliner Pecinan (Semawis)
Akhirnya sampai juga di pasar Semawis, pecinan, surganya pecinta kuliner kaya saya. Setelah seharian city tour Semarang, penantian nunggu pasar Semawis buka akhirnya terbayar sudah. Pasar Semawis yang buka mulai pukul 18.00 sampai menjelang tengah malam ini menyajikan puluhan stand makanan yang menjajakan beragam makanan mulai dari makanan tradisional, modern, halal dan non halal. Beragam makanan yang tersedia di antaranya loenpia, bacang, pisang plenet khas Semarang, nasi campur, dan masih banyak lagi.

Serunya lagi di pasar Semawis ini membuka tenda khusus karaoke jalanan yang bisa diikuti oleh siapa saja. Umumnya yang antri untuk ikut karaoke ini adalah oma-opa yang fasih menyanyikan lagu mandarin. Lantunan lagu-lagu mandarin dan lagu lawas membuat suasana wisata kuliner di Semawis jadi lebih hangat dan berkesan.
  

 Bacang babi telor asin di Semawis. 
Disajikannya udah dipotong-potong jadi nggak ribet makannya

suasana di pasar Semawis Pecinan. Makin malem makin rame.

Loenpia Semarang

Tha..011216..11 a.m.