Monday, June 19, 2017

Berburu Seafood di Pasar Kedonganan Bali



Setiap kali berkunjung ke Bali, saya hampir tidak pernah memasukan seafood ke dalam bucket list kuliner yang ingin dinikmati selama di Bali. Selain karena agak jarang nemu seafood enak di Bali (enak itu relatif sih ya, yang enak kalo jatohnya mahal buat saya tetep jadi nggak enak hehe..), saya juga lebih tergoda untuk mencicipi kuliner khas Bali yang lain. Ujung-ujungnya makan Pak Malen lagi, makbeng lagi, atau nyobain kafe-kafe enak di sekitaran Bali. Tapi kan penasaran dong ya, Bali yang terkenal punya pantai cantik ini masa iya nggak punya seafood enak, baik enak di lidah dan enak di kantong, dan bisa jadi rekomendasi kalau main-main ke Bali lagi.

Waktu pertama kali jalan-jalan ke Bali beberapa tahun yang lalu, saya makan seafood di tepi pantai jimbaran. Iya makan di resto pinggir pantai, yang diiringin musik dan suasananya romantis banget itu, dan iya yang mahal itu lho..Tapi selain suasana kece yang ditawarkan, selebihnya buat saya sih biasa aja. Ternyata, nggak jauh dari jimbaran ada pasar ikan tempat kamu bisa berburu seafood segar dan langsung dimasak di sana. Namanya Pasar Ikan Kedonganan.

Jangan sampe salah kostum, namanya juga belanja ke pasar ikan pasti becek dong ya..singkirkan dulu dress-dress cantiknya


Pasar ikan Kedonganan berada di desa Kedonganan, tepatnya di ujung jalan setelah melewati resto-resto di Jimbaran yang terkenal di kalangan para turis itu. Di sana kamu akan menjumpai ada banyak fresh seafood yang bisa kamu pilih sendiri, mulai dari aneka ikan, udang, cumi, kepiting, sampai lobster. Harganya dijual per kilo dan minimal beli ½ kilo. Cukup untuk makan bertiga atau berempat. Saya hanya membeli udang dan cumi masing-masing ½ kilo. Sebenernya kepengen juga beli ikan dan nyobain kepitingnya, tapi karena cuma berdua jadinya kebanyakan. Thats’s why, makan di sini memang enaknya rame-rame jadi bisa pilih menunya macem-macem.

Nah ini lobsternya, sekitar 400rb/kilo. Udang yang saya pilih harganya 130rb/ kilo. 
Sayang udangnya kelupaan difoto :)

Setelah puas keliling dan belanja, lanjut ke bagian belakang pasar untuk memasak hasil perburuan saya tadi. Jadi di sekitaran pasar ini ada banyak warung makan yang menawarkan jasa memasak seafood yang kamu beli di pasar tadi. Warung-warung ini juga menyediakan nasi, plecing kangkung, dan aneka sambal. Harga masaknya dihitung per menu. Kalau mau lebih murah, semua seafood tadi dimasak dengan menu yang sama saja, dibakar misalnya. Berhubung ingin coba macam-macam menunya, jadi saya request udangnya dibakar, cuminya setengah dimasak saus tiram, setengahnya lagi digoreng tepung. Tambah nasi dan plecing kangkung, total berdua habis sekitar 75 ribuan. Lumayan banget kan?

   
Tadaa..ini dia hasil masakannya




Makannya sih di warung biasa aja, tapi rasanya nggak kalah sama di resto-resto bintang lima itu. Banyak juga bule yang makan di sini dan mereka makan seafoodnya gitu aja nggak pake nasi. Perlu juga sih kayanya dicoba, makan seafood tanpa nasi.

rumah makannya kaya gini. 
Gelap karena fotonya pas kita udah mau pulang dan udah mau tutup.


Puas banget makan di Pasar Kedonganan ini, next kayanya bakal jadi destinasi wajib kalau jalan-jalan ke Bali. Kamu gimana? Mau coba??